Thursday, June 9, 2011

Tugas & Kemampuan yang harus dimiliki seorang Supervisor Medical Representative

Postingan saya terdahulu adalh mengeani tugas-tugas sebagai seorang Medical Representative, sekarang saya akan uraikan tugas dan keamampuan apa yang harus dimiliki oleh seorang Supervisor Medical Representative. Kalo begitu kita langsung aja ke TKP..!!

Tugas dan kemampuan yang harus dimiliki oleh seorang Supervisor Medical Representative  etadalah ;
1. Mengusai product knowledge melebihi bawahannya….masa bawahannya lebih pintar…maluuu donk
2. Menguasai Selling skill/kemampuan untuk menjual maupun selling point produk yang ia bawa.
3. Mengetahui betul kemampuan bawahannya mengenai 2 point diatas.
4. Harus dapat melakukan kontrol/pengawasan terhadap bawahan sehingga betul-betul mereka melakukan sesuai yang diharapkan perusahaan.
Contoh : Apa benar cara bawahan kita melakukan detailing atau melakukan survey thd customer/dokter sesuai point 1 &2. Itu semua bisa kita ketahui jika kita melakukan joint visit bersama bawahan atau OJT (Penilaian terhadap bawahan). Selalu lakukan chek & recheck.
5. Mempunyai kemampuan dalam mengambil keputusan .
6. Mempunyai kemampuan bernegosiasi dan melakukan deal terhadap customer.
7. Mempunyai kemampuan dalam  menganalisa market/pasar terutama karakter customer.
8.Mengetahui betul  system standarisasi outlet atau rumah sakit.
9.Harus mengerti semua kendala2 yang dihadapi bawahan di lapangan dan segera cari solusinya. Jangan lupa masalah2 pribadi pun kalau mereka cerita kita harus mengerti dan mencari solusinya , karena itu bagian dari approuch /pendekatan kita thd bawahan. Sehingga bawahan menganggap kita sebagai atasan yang melindungi mereka.
10.Selalu senantiasa memberikan motivasi yang sangat baik terhadap bawahan, sehingga mereka selalu bersemangat untuk mencapai target yang diberikan.
11.Selalu menjadi pelindung bagi bawahan  dan selalu men-support  bawahan . Dan selalu mempunyai prinsip bahwa apa yang dilakukan bawahan dalam bekerja merupakan tanggung jawabnya juga (tidak lempar tanggungjawab atau cari kambing hitam)….untuk qurban kaleee…
12.Selalu menciptakan keutuhan tim dalam bekerja sama mencapai tujuan.

Itulah kiranya garis besar fungsi dan tugas sebagai seorang Supervisor MedRep yang intinya adalah ‘Sebagai seorang pemimpin jika mendapat kesusahan dialah yang pertama merasakan dan jika mendapat kesenangan maka dialah yang terakhir mendapatkannya’. Itu baru namanya pemimpin Islam brooo…..
Ok…semoga berguna untuk khalayak…..
Assalamualaikum Wr. Wb.

No comments:

Post a Comment