Thursday, June 9, 2011

Tugas seorang Medical Representative

Saya adalah seorang marketing farmasi atau medical advisor atau medical representative atau apalah…namanya itu tidak penting. Sebagai seorang marketing pharmasi tentunya kita mempunyai tugas2 atau pekerjaan yang akan rutin kita lakukan. Apa salahnya saya akan coba mengingatkan kembali tugas-tugas itu. To the point aja….

Tugas-tugas sebagai seorang Medical  Representative :
1. Menguasai product knowledge (produk yang dibawanya).
contoh : produk yang kita bawa adalah BODREX, kita harus tahu isi atau kandungan yang ada    pada    Bodrex, mekanisme kerjanya,indikasinya, harganya bahkan kemasannya.
2. Menguasai medical knowledge, minimal yang berhubungan dengan produk yang dibawanya.
Contoh : produk yang kita bawa adl Panadol obat sakit kepala. Artinya kita harus tahu struktur dari pada kepala dan isinya sehingga kita dapat mengerti betul obat itu bekerja di mana.
3. Harus dapat berkomunikasi dengan baik , karena komunikasi merupakan hal yg sangat penting dalam mempromosikan product. Sehingga customer mengerti betul apa yang kita sampaikan.
4. Menjalin hubungan yang sangat baik dengan customer/dokter/apotik.
5. Selalu berusaha mencari apa yang customer butuhkan  yg berhubungan dengan produck  kita.
6. Menguasai selling skill atau kemampuan kita menjual (apa yang dijual dan apa yang kita jual)
7.Menguasai selling point (cirri khas/kelebihan produk ) dibanding produk lain yang sejenis/competitor.
8.Melakukan kunjungan yang rutin dan intensif ke customer/dokter  yang poten ( yg berpotensi).
9.Melakukan survey apotik/RS. Keuntungannya kita dapat mengetahui jenis/golongan  apa, produk apa yang dokter gunakan. Selain itu kita dapat menilai aktifitas dari produk lain/competitor. Dan dari hasil survey itu kita dapat melakukan action atau strategi apa yg harus kita lakukan (…kayak perang aja sih…hehehe)

Itu bro…tugas-tugas yang utamanya, mudah2an bisa berguna bagi kalian

9 comments:

  1. wow capek jg yah ,,, klu g laku tuh gmn Pak??

    ReplyDelete
    Replies
    1. klo gak laku, yaaa introspeksi dulu... tetap semangat, tetap berusaha, dan tidak mudah menyerah!

      Delete
  2. asyik emang jadi medreps... kerjaannya keliling, ketemu banyak orang, belajar hal-hal baru. Profesi yang sungguh menantang dan menjanjikan! Tidak banyak orang yang mau terjun dan menekuninya, justru karena itulah profesi ini banyak dicari...

    ReplyDelete
  3. Ebook Medical Representaive sudah selesai saya tulis. Di situ terdapat banyak informasi penting yang bisa Anda dapatkan. Silakan kunjungi : http://www.ebookmedicalrepresentative.blogspot.com/ . Semoga sukses selalu mengiringi jalan hidup Anda!

    ReplyDelete
  4. Artikel yang bagus mas, tidak bertele tele dalam penyajian nya.. bagus
    Yang terpenting dlm marketing itu harus lah tekun..
    Salam marketing mas, dan sy sendiri adlh marketing property.. silahkan mampit ke blog saya..

    Grosirpropertyku.blogspot.com

    ReplyDelete
  5. Saya baru diterima menjadi medref dan besok sudah mulai kerja di pt soho global health tapi saya masih bingung cara kerja nya, susah ga sih jadi medref? Tolong bantuan nya yah pak

    ReplyDelete
  6. Terima kasih atas informasinya,, kebetulan saya ada tugas praktek di kampus sebagai medical representative.. saya jadi tahu apa saja yang harus dilakukan..

    ReplyDelete
  7. Terima kasih informasinya.sangat membantu

    ReplyDelete
  8. permisi gan, numpang tanya. cara kita bisa masuk rumah sakit untuk berjualan/menawarkan dagangan kita gimana ya? kebetulan ane pgn jualan juga tapi bukan obat ataupun alkes. dateng ke resepsionisnya apa langsung nyelonong aja ke bag. office trus bialng pgn ketemu bag purchasing?

    ReplyDelete